Senin, 23 Januari 2012

Mewujudkan Impian

Hi kawan!

Impian adalah harapan tentang sesuatu di masa depan. Seorang guru pernah berkata kepada saya gantungkanlah mimpimu setinggi mungkin. Menurut saya, mimpi sangat penting untuk memotivasi diri menjadi pribadi yang bersemangat. Dengan memiliki impian saya punya keinginan untuk hidup lebih baik dan baik lagi.

Saya jadi teringat tentang kisah Walter Elias Disney atau lebih populer dengan Walt Disney yang memiliki impian untuk membangun taman impian bagi anak-anak. Banyak orang mengejek impian tersebut tapi dia tetap berjuang untuk mewujudkannya sampai pada akhirnya taman bermain itu berhasil terealisasi pada tahun 1955 di Anaheim, California. Walt Disney berkata bahwa 


Kesuksesan dimulai ketika kita mulai menciptakan impian jauh ke depan. Dan saat kita berkomitmen untuk mencapai impian itu, maka selanjutnya impian itu yang akan menjadi magnet dan menarik kita ke sana.”

Mewujudkan impian adalah sesuatu yang sulit tapi bukan berarti itu tidak mungkin terwujud. Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari cerita Walt Disney di atas:

Pertama, miliki impian. Temukan impian, bayangkan dan resapi dalam hidup ini pasti ada sesuatu hal yang diharapkan dan ingin diwujudkan. Cari apa hal tersebut. Bebaskan pikiran, tidak ada yang melarang seseorang untuk bermimpi. Jangan terlalu berpikir apakah itu terlalu mengada-ada, berlebihan dan tidak mungkin.  

Kedua, buat komitmen untuk mewujudkan mimpi tersebut. Setelah menemukan impian tahap selanjutnya adalah menanamkan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Perlu sebuah motivasi yang besar karena akan ada pro dan kontra tentang mimpi tersebut. Mungkin akan banyak ejekan, olokan, kepesimisan dari pihak lain yang bisa menyurutkan impian tersebut. Tutup telinga dari hal-hal yang berbau pesimis, ubah cibiran dan ejekan menjadi semangat. Buktikan bahwa impian tersebut bukanlah omong kosong belaka.

Ketiga, lakukan langkah pasti. Stop dreaming start action, kata-kata ini saya lihat di akun twitter seorang motivator (Mario Teguh) yang sudah terkenal di mana-mana. Jangan menjadikan impian sebagai khayalan dalam lamunan belaka, sekarang adalah waktu untuk mewujudkannya. Sebagai contoh, jika mempunyai impian menjadi bintang film terkenal maka ini saatnya untuk belajar akting. Ikuti kursus seni tentang dunia akting, bergabunglah dengan group teater dan carilah informasi tentang dunia peran lewat buku dan media lainnya. 

Banyak orang berpendapat bahwa impian mereka tak sejalan dengan bakat yang dimiliki. Setiap orang memang terlahir dengan keistimewaan dan bakat yang berbeda-beda tapi bukan berarti tak berbakat menyanyi maka tak akan bisa bernyanyi. 

Ada sebuah ungkapan “ada sesuatu yang bisa mengalahkan orang yang berbakat yaitu orang yang berkeinginan kuat dan bersungguh-sungguh”. Memiliki bakat yang besar namun tidak dilatih dan diasah maka akan sebatas bakat saja. Tapi dengan komitmen dan kesungguhan serta kerja keras seseorang yang tidak berbakat akan sukses dibidang yang diimpikannya. Ada sebuah kalimat favorit ketika saya membaca sejarah singkat Thomas Alva Edison. “Genius itu 99% kerja keras”.

Tak ada yang instan di dunia ini. Sebuah kesuksesan butuh proses. Banyak yang mengatakan bahwa para bintang Indonesian idol adalah penyanyi instan. Itu semua salah. Sebelum menjadi idola mereka adalah manusia biasa juga yang memiliki perjuangan ekstra panjang. Mulai dari latihan vocal setiap hari, mengikuti lomba dan festival, antri audisi sampai akhirnya menjadi idola yang sebenarnya. Manfaatkan waktu sebaik mungkin. 

“orang yang sukses bukan mereka yang memiliki banyak waktu luang tapi mereka yang bisa memanfaatkan waktu yang serba terbatas dengan baik”

“yang membedakan orang sukses dan pemalas adalah pemanfaatan waktunya”

“time is money”

(*3 kalimat di atas saya dapat setelah membaca beberapa bacaan tentang motivasi*)

Waktu itu sangat berharga. Tak ada sedetikpun yang akan kembali jadi milikilah impian SEKARANG JUGA. Dan mulailah langkah nyata untuk mewujudkannya SEKARANG JUGA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar